Kamis, 05 September 2013

Definisi, Proses, dan Klasifikasi Heat Treatment




A.    Defenisi Heat Treatment (Perlakuan Panas)
Pengertian perlakuan panas atau heat treatment ialah suatu cara yangmengakibatkan perubahan struktur bahan melalui penyolderan atau penyerapanpanas: dalam bentuk bahan tetap sama (kecuali perubahan akibat regangan panas).Yang disebut struktur adalah susunan dalam logaa, menjadi dapat dlihat jikasekeping logam yang terasah dan teretsa (asam salpeter) diamati dibawahmikroskop.Struktur besi murni Struktur semua logam terdiri atas kristal-kristal yangbergandengan kuat satu sama lain dalam wujud dan ukuran yang berlainan.Kristal-kristal itu terdiri atas bagian-bagian terkecil suatu unsur, atom-atom. Atombesi tersusun didalam sebuah kisi ruang. Penegertiannya adalah sebuah wujudgaris meruang yang titik-titik potongnya diduduki atom-atom besi, kisi ruang initerdiri atas mata jaringan yang berbentuk dadu. Dalam hubungan ini ditemukanperletakan atom menurut tiga jenis :Besi alfaDelapan atom terletak pada pojok dadu dan sebuah atom ke 9 ditengah-tengah dadu (di pusat ruang). Susunan atom ini disebut juga kisi terpusat ruangsampai suhu ruangan 7080 C, besi alfa bersifat magnetis. Dari 7680 C sampai9110 C, besi terpusat ruang menjadi tidak magnetis dan dahulu disebut juga besi.Besi gammaPada 9110 C, ikatan kisi terpusat ruang menjelma menjadi besi gamma terpusatbidang : pada setiap pojok dadu berada sebuah atom dan 6 atom lainnya beradadipetengahan ke 6 bidang bujur sangkar permukaan dadu. Karena sebuah dadugamma menampung 14 atom, sedangkan jumlah keseluruhan atom besi tentunya
tidak akan bertambah akibat pemanasan, maka dadu gamma lebih besar dari dadualfa.Besi deltaPada 13920 C, besi gamma yang terpusat bidang berubah wujud kambalimenjadi besi terpusat ruang yang disebut besi delta (gambar 2c). besi deltaberbeda dari besi alfa dalam jarak atomnya yang lebih besar. 
B.     Mengenal proses Heat Treatment
Heat Treatment adalah kombinasi dari operasi pemanasan dan pendinginandengan kecepatan tertentu yang dilakukan terhadap logam atau paduan dalamkeadaan padat, sebagai suatu upaya untuk memperoleh sifat-sifat tertentu. Proseslaku-panas pada dasarnya terdiri dari beberapa tahapan, dimulai denganpemanasan sampai ke temperatur tertentu, lalu diikuti dengan penahanan selamabeberapa saat, baru kemudian dilakukan pendinginan dengan kecepatan tertentu.

C.    Klasifikasi Heat Treatment
- Near Equilibrium(Mendekati Kesetimbangan)
Tujuan umum dari perlakuan panas jenis Near Equilibrium ini diantaranya adalah untuk melunakkan struktur kristal, menghaluskan butir, menghilangkantegangan dalam dan memperbaiki machineability. Jenis dari perlakukan panas Near Equibrium, misalnya :
Full Annealing (annealing), Stress relief Annealing,Process annealing, Spheroidizing, Normalizing dan Homogenizing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar